Oct 28, 2019   |   Post: Admin   

Tips Aman Berkendara Memasuki Musim Hujan.

Assalamu’alaikum Sahabat Muslim Otomotif. Beberapa hari ini, hampir di tiap Wilayah Bagian di Indonesia mulai terguyur hujan. Seperti pepatah bilang “sedia payung sebelum hujan”. Hal ini memiliki arti yang sama dengan mempersiapkan diri memasuki Musim Hujan, termasuk salah satunya dalam berkendara di jalan raya.

Kami akan berbagi Tips Aman Berkendara Memasuki Musim Hujan.
Inilah 8 Tips Aman yang bisa Anda lakukan agar tetap aman dan selamat selama menyetir dalam kondisi hujan:

 

1. CEK PERLENGKAPAN MOBIL

Sebelum memulai perjalanan, pastikan bahwa perlengkapan mobil Anda berfungsi dengan baik. Periksa lampu-lampu, mulai dari lampu depan, lampu belakang, lampu rem, dan lainnnya. Selain itu, periksa juga bagian ban karena jika botak, maka daya cengkeram karet ban ke aspal berkurang.

2. BATASI KECEPATAN

Pastikan untuk membatasi kecepatan. Hal ini dilakukan untuk mencegah hydroplaning, yang dapat membuat ban mobil tidak memiliki cengkeraman pada permukaan jalan. Jika itu terjadi, maka sulit untuk mengendalikan kemudi dan pengereman.

3. WASPADA MEMILIH JALAN

Jangan melewati genangan air karena sangat mudah tergelincir dan hydroplaning. Anda juga jangan berkendara di bahu jalan karena hal itu juga mengundang risiko. 

4. GUNAKAN WIPER

Menggunakan wiper kaca depan adalah keharusan saat hujan, sebab alat ini berfungsi menyapu air. Jika wiper bermasalah, maka wiper tak bisa menyapu air, sehingga membuat visibilitas jadi distorsi. Oleh karena itu, ada baiknya wiper diperiksa dan gantilah paling tidak setahun sekali.

5. JAGA JARAK AMAN

Pastikan Anda menjaga jarak aman antara mobil satu dan lainnya. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari pengereman mendadak sehingga membuat terjadinya kecelakaan atau tabrakan beruntun. Jika memang harus melakukan pengereman, pastikan melihat kendaraan lain melalui kaca spion.

6. HINDARI REM MENDADAK

Hindari melakukan pengereman secara penuh dan mendadak. Sebab, jika melakukan hal itu, maka mobil justru akan meluncur ke depan dan kehilangan kontrol.

7. JANGAN GUNAKAN CRUISE CONTROL

Jangan menggunakan Cruise Control. Cruise Control adalah salah satu teknologi baru yang diterapkan pada mobil dengan fungsi mengatur kecepatan mesin stabil tanpa membutuhkan pijakan pedal gas. Cruise Control kerap juga disebut sebagai Speed Control atau juga Autocruise. Meskipun namanya berbeda, namun fungsinya tetap sama saja. Meski bisa digunakan saat hujan karena mampu mempertahankan kecepatan secara konstan, namun Cruise Control ini justru dapat memungkinkan terjadinya hydroplaning. Karena itu gunakan kendali manual ketika mengemudi.

8. CARI INFO KONDISI JALAN

Tak ada salahnya melakukan pengecekan informasi melalui radio. Hal ini bisa mengetahui kondisi cuaca dan lainnya. Akan tetapi, hindari gangguan-gangguan seperti melakukan pembicaraan lewat telepon, makan, dan aktivitas mengganggu lainnya ketika mengemudi.

 

....