Oct 22, 2019   |   Post: Admin   

Hijrah Finansial? Kini Saatnya!

Perkembangan kesadaran umat Muslim di Indonesia tidak disertai kesadaran akan bahaya Riba didalam keseharian kita. Secara Bahasa, Riba berarti tumbuh dan tambah. Riba sendiri sudah pasti hukumnya, yaitu haram.

 

وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا

“ Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba” Al-Baqarah ayat 275.

 

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلَّا أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ

“ Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama suka di antara kamu.” An-Nisa ayat 29

 

Walau sudah mengetahui bahwa Riba itu haram, masih kerap terjadi perbedaan tentang pandangan Riba dalam pembiayaan Konvensional (Bank). Sudah sewajibnya bagi Umat Muslim untuk menghindari segala sesuatu yang sudah dinyatakan haram dalam Al-Quran. Di Indonesia sendiri sudah marak bermunculan Pembiayaan Syariah, yaitu Pembiayaan yang sesuai dengan hukum jual beli dalam Islam. Salah satunya adalah Pembiayaan untuk pengadaan Mobil secara Syariah, yaitu MOBILIMA.

Mobilima menerapkan Akad Jual Beli Murabahah, dimana kami membelikan terlebih dahulu kebutuhan barang Pelanggan secara cash dan kami menjual kembali kepada Pelanggan ditambah dengan keuntungan yang telah disepakati dua belah Pihak. Dilihat dari jenis Akadnya yaitu Akad Murabahah, itulah yang paling utama membedakan antara Pembiayaan Syariah dengan Pembiayaan Konvensional. Semua perhitungan pembiayaan termasuk keuntungan Perusahaan sudah dijelaskan dalam Akad. Tidak ada biaya – biaya lain diluar Akad/perjanjian.

Mobilima menghapuskan sistem denda dan juga penyitaan unit. Apabila Pelanggan sudah tidak mampu melanjutkan pembayaran, maka Unit akan kami jual bersama dengan Pelanggan. Hasil penjualan tersebut diutamakan untuk melunasi sisa hutang Pelanggan, lalu jika masih terdapat selisih (setelah dikurangi sisa hutang) maka akan kami kembalikan kepada Pelanggan. Pelanggan juga tidak dikenakan biaya penalti jika bisa melakukan pelunasan sebelum berakhirnya masa angsuran.

Maa Syaa Allah… Bukan hanya kebutuhan akan barang yang kita inginkan bisa terpenuhi, tetapi kita sudah melakukan Ikhtiar untuk mendatangkan Keberkahan Allah dalam kehidupan kita.

Yuk, saatnya Hijrah Finansial!

Raih Hidup Berkah Tanpa Riba bersama MOBILIMA

....