May 20, 2018   |   Post: Admin   

Awas, Jangan Tertipu Saat Beli Mobil Bekas

Mobil seolah sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang yang ‘berduit’. Banyak sekali pilihan untuk bisa mendapatkan mobil ketika uang pas-pasan, yaitu gunakan sistem kredit atau membeli mobil bekas. Banyak juga loh yang lebih memilih membeli mobil bekas, tapi banyak juga kecewa karena ekspetasi tidak sesuai kenyataan. Berbagai alasan muncul, entah karena tertipu saat membeli semisal kondisi mobil tidak prima, atau memang terburu-buru sehingga tidak memperhatikan setiap detailnya.

Menurut General Manager Mobil88, Fischer Lumbatatoruan, seperti dilansir dari merdeka.com jika identifikasi mobil bekas bagus itu sulit. Karena semakin menjamurnya bengkel dengan berbagai kecanggihan. Misalnya, mobil yang sudah terendam banjir pun mampu disulap agar terlihat bagus, yang membuat calon pembeli percaya. Memang tidak ada yang bisa menjamin kualitas dari mobil bekas. Namun, untuk meminimalisir penipuan, Anda bisa memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Pilih tempat yang terpercaya

Janganlah membeli mobil di sembarang tempat, apalagi bersifat tidak resmi atau illegal. Kalau bisa, belilah di tempat yang sudah memiliki ‘nama’. Karena bagi perusahaan yang sudah memiliki image brand, akan sebisa mungkin menjaga citra perusahaan dengan memberikan produk terbaik.

  1. Cek kondisi body dan performa mesin

Anda harus memperhatian setiap bagian bodi mobil yang bisa saja sudah diganti. Jangan sampai ada bagian yang diganti dengan material buruk. Untuk pengecekan mesin, Anda bisa mengajak seorang teknikal. Anda bisa menghidupkan mesin mobil, jika mobil itu sudah teredam banjir, biasanya suaranya lebih keras dari mobil normal. Sementara mobil yang masih bagus mudah di starter, selain itu suaranya pun tidak kasar jadi terdengar halus.

  1. Jangan terburu-buru

Saat ini, banyak iklan di media massa yang menawarkan mobil bekas dengan harga yang sangat murah. Namun, sebaiknya Anda tidak tergiur akan hal itu. Anda bisa melakukan survey 2-3 kali. Pun bisa melihat-melihat informasi di media online atau offlien agar menambah pengetahuan Anda tentang mobil bekas  sehingga tidak mudah tertipu.

  1. Kelengkapan Dokumen

Akal manusia memang tak ada habis-habisnya, termasuk kecurangan dalam memalsukan dokumen. Anda tentu tak mau memiliki surat bodong, jadi sebaiknya cek surat-surat kendaraan seperti STNK, BPKB dan surat-surat terkait lainnya. Dokumen tersebut bisa dibawa ke Polda atau kantor Samsat untuk lebih meyakinkan lagi. Pengecekan fisik pun bisa dilakukan setelah mendapat izin dari pemilik mobil yang asli.



....